Peranan Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Pendidikan Sains
Agama
dalam pendidikan sains. Contoh bakteri yang terdapat dalam ayat al-quran.
Dimana orang akan mengaplikasikan ternyata bakteri kecil yang tidak dapat
terlihat oleh mata terdapat dalam al-qur`an yang sudah lama. Hal ini sesorang
akan bertambah keimanannya kepada Allah.
Nilai
dalam pendidikan sains. Contohnya teknologi produk bom atom dimana sains
dipandang telah bebas dan terlepas dari nilai produk sains yang bermanfaat,
dimana beberapa orang menyalahgunakan bom atom untuk kepentingan pribadi.
Sehingga perlu adanya aspek nilai moral di kehidupan manusia yang memikirkan
kegunaan produk sains untuk kesejahteraan manusia.
Budaya
dalam pendidikan sains. Contoh di daerah tegal wangi, cirebon terkenal dengan
rotan. Disini rotan bisa dijadikan budaya local dari tegal wangi yang dapat
diaplikasikan dalam pembelajaran biologi mengenai plantae yaitu spermatophyte.
Guru bisa memperlihatkan hasil video cara pembuatan rotan atau bisa terjun ke
lapangan langsung untuk proses pembelajaran biologi dengan memanfaatkan budaya
sekitar.
Etika
dalam pendidikan sains. Contoh kesadaran tentang pengelolaan lingkungan
memerlukan pemahaman dan penerapan prinsip ekologi serta etika lingkungan.
Etika lingkungan berkaitan dengan sikap dan perilaku yang bersifat objektif
terhadap kelestarian alam. Prinsip etika lingkungan yang mendasari seorang
muslim yaitu tauhid (prinsip keesaan Allah), ayat (prinsip tanda-tanda Allah
dimanapun berada), khalifah (penjaga), mizan (keseimbangan), amanah
(kepercayaan), dan akuntablitas (hisab).
Kebiasaan
masyarakat dalam pendidikan sains bisa dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya tumbuhan kunyit digunakan untuk
pengobatan. Kunyit dapat dikatakan mampu penyembuhan luka dari kebiasaan dan pengalaman masyarakat sebagai obat
tradisional untuk penyembuhan luka pada organ tubuh bagian dalam. Oleh karena itu, para sains melakukan metode ilmiah tentang kunyit yang awalnya dari kebiasaan masayarakat.
Misalnya kunyit memiliki banyak manfaat sebagai pengobatan tradisional. Awalnya seseorang itu munculnya berbagai pertanyaan. Apakah benar kunyit mampu mengobati luka?. Dari pertanyaan apakah saja, seseorang penasaran kemudian mengumpulkan informasi, melakukan hipotesis, melakukan pengamatan dan menyimpulkan tentang kunyit dari berbagai sumber. Akhirnya telah ditemukan bahwa kunyit mengandung zat antibiotik yang menyembuhkan pada organ bagian dalam manusia. Maka dipakailah kunyit berbagai obat-obatan sampai sekarang.
Misalnya kunyit memiliki banyak manfaat sebagai pengobatan tradisional. Awalnya seseorang itu munculnya berbagai pertanyaan. Apakah benar kunyit mampu mengobati luka?. Dari pertanyaan apakah saja, seseorang penasaran kemudian mengumpulkan informasi, melakukan hipotesis, melakukan pengamatan dan menyimpulkan tentang kunyit dari berbagai sumber. Akhirnya telah ditemukan bahwa kunyit mengandung zat antibiotik yang menyembuhkan pada organ bagian dalam manusia. Maka dipakailah kunyit berbagai obat-obatan sampai sekarang.